Nama : Agnes Rantika
NPM : 19312155
Kelas : IF GAB EKS 2
Metode Pengembangan Perangkat Lunak (SDLC)
- DEFINISI
Metode SDLC (Software Development Life Cycle) adalah proses pembuatan dan pengubahan sistem serta model dan metodologi yang digunakan untuk mengembangkan sistem rekayasa perangkat lunak.
- TAHAPAN
SDLC juga merupakan pola yang
diambil untuk mengembangkan sistem perangkat lunak, yang terdiri dari beberapa tahapan-tahapan yaitu : rencana (planning), analisis (analysis), desain (design), implementasi
(implementation), uji coba (testing) dan pengelolaan (maintenance).
Model SDLC yang dipakai dalam penelitian ini adalah model Waterfall.
Waterfall Model atau Classic Life Cicle merupakan model yang paling banya
dipakai dalam Software Enginnering (SE). Menurut Bassil (2012) disebut waterfall
karena tahap demi tahap yang harus dilalui menunggu selesainya tahap sebelumnya
dan berjalan berurutan.
Permodelan ini diawali dengan mencari kebutuhan dari keseluruhan sistem
yang akan diaplikasikan ke dalam bentuk software. Hal ini sangat penting,
mengingat software harus dapat berinteraksi dengan elemen-elemen yang lain
seperti hardware, database, dsb. Tahap ini sering disebut dengan Project
Definition.
- Software Requirements Analysis
Proses pencarian kebutuhan diintensifkan dan difokuskan pada software. Untuk mengetahui sifat dari program yang akan dibuat, maka para software
engineer harus mengerti tentang domain informasi dari software, misalnya fungsi
yang dibutuhkan, user interface, dsb. Dari 2 aktivitas tersebut (pencarian kebutuhan
sistem dan software) harus didokumentasikan dan ditunjukkan kepada pelanggan.
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara langsung, peneliti menganalisis
data keluhan dari user. Apakah kebutuhan fungsi software untuk memenuhi
kendala yang dialami oleh user. Sehingga didapatkan sebuah dokumen analisis yang digunakan sebagai bahan untuk ditunjukkan kepada user.
- System Design
Proses ini digunakan untuk mengubah kebutuhan-kebutuhan diatas menjadi
representasi ke dalam bentuk “blueprint” software sebelum coding dimulai. Desain
harus dapat mengimplementasikan kebutuhan yang telah disebutkan pada tahap
sebelumnya. Seperti 2 aktivitas sebelumnya, maka proses ini juga harus
didokumentasikan sebagai konfigurasi dari software.
Setelah peneliti mendapatkan dokumentasi dari hasil analisis, maka peneliti
mengubah kebutuhan-kebutuhan fungsi software diatas menjadi sebuah bentuk
“blueprint” software. Sehingga hasil desain akan digunakan oleh peneliti untuk
membangun sebuah aplikasi.
- Implementation
Untuk dapat dimengerti oleh mesin, dalam hal ini adalah komputer, maka
desain tadi harus diubah bentuknya menjadi bentuk yang dapat dimengerti oleh
mesin, yaitu ke dalam bahasa pemrograman melalui proses coding. Tahap ini
merupakan implementasi dari tahap design yang secara teknis nantinya dikerjakan
oleh programmer.
Pada tahap ini, peneliti membangun sebuah aplikasi berdasarkan desain
“blueprint” yang telah dibuat. Pengembangan aplikasi ini dilakukan dari awal hingga aplikasi siap dijalankan.
- Testing / Verification
Sesuatu yang dibuat haruslah diujicobakan. Demikian juga dengan software. Semua fungsi-fungsi software harus diujicobakan, agar software bebas dari error, dan hasilnya harus benar-benar sesuai dengan kebutuhan yang sudah didefinisikan
sebelumnya.
Setelah proses pembangunan aplikasi selesai, peneliti melakukan pengujian
padda tahap ini. Aplikasi diuji berdasarkan metode black box untuk mengetahui
tingkat keberhasilan dari bagian sistem. Selain itu, peneliti juga melakukan
pengujian secara langsung pada setiap sesi perkuliahan di UMY (khususnya di
Jurusan Teknik Informatika)
- Maintenance
Pemeliharaan suatu software diperlukan, termasuk di dalamnya adalah
pengembangan, karena software yang dibuat tidak selamanya hanya seperti itu.
Ketika dijalankan mungkin saja masih ada errors kecil yang tidak ditemukan
sebelumnya, atau ada penambahan fitur-fitur yang belum ada pada software
tersebut. Pengembangan diperlukan ketika adanya perubahan dari eksternal
perusahaan seperti ketika ada pergantian sistem operasi, atau perangkat lainnya.
- KELEBIHAN
- Metode pengembangan perangkat lunak SDLC mudah untuk di aplikasikan.
- Memberikan template tentang metode analisis, desain, pengkodean, pengujian, dan pemeliharaan.
- KEKURANGAN
- Jarang sekali proyek riil mengikuti aliran sekuensial yang dianjurkan model karena model ini bisa melakukan itersi tidak langsung . Hal ini berakibat ada perubahan yang diragukan pada saat proyek berjalan.
- Pelanggan sulit untuk menyatakan kebutuhan secara eksplisit sehingga sulit untuk megakomodasi ketidakpastian pada saat awal proyek.
- Pelanggan harus bersikap sabar karena harus menunggu sampai akhir proyek diselesaikan.
- Pengembang sering malakukan penundaan yang tidak perlu karena anggota tim proyek harus menunggu tim lain untuk melengkapi tugas karena memiliki ketergantungan hal ini menyebabkan penggunaan waktu tidak efesien.
Link Website :
https://teknokrat.ac.id/
https://ftik.teknokrat.ac.id/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar